Avenue of the Giants: Betapa Kecilnya Kita

Ada dua jalan utama yang bisa ditempuh bila mau berkendara dari Seattle ke San Francisco atau ke Los Angeles.  Melalui Interstate Highway 5 (I-5) atau US Route 101

Kalau mau cepat, pilihan ada di I-5, karena jalannya lebih lurus, lebar dan melewati pinggiran kota-kota besar seperti Seattle, Tacoma, Olympia,  Portland dan  Salem.  Jadi setiap saat pingin berhenti makan atau menginap, langsung bisa keluar.  Hanya saja menurut saya pribadi, jalan yang menghubungkan Canada di utara dan Mexico di selatan ini  agak membosankan.

Kalau mau menikmati pemandangan alam, US Route 101 jauh lebih menakjubkan.  Highway ini menyusur  pesisir barat Amerika dan melewati tiga negara bagian yakni Washington, Oregon dan California. Di Washington jalan ini bermula di Olympia, walaupun titik paling utaranya ada di Port Angeles dan berakhir di Los Angeles, California).  Salah satu titik wisata yang wajib dikunjungi bila melewati 101 adalah Avenue of the Giants.  Merupakan penggalan jalan 101 lama sepanjang 31 miles paralel dengan US Route 101 yang baru.  Lokasinya sekitar 2 jam dari perbatasan selatan negara bagian Oregon atau sekitar 5 jam dari San Francisco menuju ke utara.

Namanya saja sudah menarik,  Avenue of the Giants… Jalannya para raksasa.  Saya lebih senang mengartikannya sebagai jalan yang dilewati para raksasa.  Walaupun giants disini lebih untuk menggambarkan ribuan pohon redwood raksasa yang umurnya sudah ratusan tahun.

Sepanjang perjalanan di antara pohon-pohon redwood yang menjulang ini, nyaris kami tidak perpapasan dengan mobil lain, sehingga begitu mudah untuk membayangkan kalau kami telah tersesat di habitatnya para raksasa dan raksasi.

Barangkali kalau Raksasanya benar-benar ada, tingginya mungkin seperti gambar di atas.  Bandingkan dengan mobil yang berada di bawahnya.

Melintasi Avenue of the Giants membuat kami sadar betapa kecil dan tidak berartinya kami di tengah-tengah alam semesta ini dan betapa besar, betapa agung, betapa maha sang pencipta kita.

Di antara para raksasa

Rata-rata garis tengah pohonnya lebih dari 2 meter

Untuk memberikan gambaran seberapa besar dan seberapa tingginya rata-rata pohon redwood yang ada di Avenue of the Giants ini dibutuhkan empat frame foto untuk mengabadikannya.

Bagian pohon yang berlubang itu, cukup besar untuk dilewati mobil dan memang sengaja diperuntukkan sebagai obyek pariwisata.  Walaupun sudah dilobangi, pohonnya masih hidup dengan segar bugar.

Mobilpun bisa lewat di bawahnya

Mengendarai mobil melewati pohon ini cukup terkenal di sepanjang Avenue of the Giants.  Berikut adalah melewati pohon di tempat yang lain, yakni di Shrine Drive Thrue Tree.

Lobang alami

Jadi, pada kunjungan Anda ke Amerika Serikat yang akan datang, jangan lupa luangkan waktu Anda untuk mengagumi ciptaan yang Maha Pencipta di Avenue of the Giants ini.

Advertisements

Posted on July 16, 2011, in California, Places and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: