Goodwood Park : Hotel Cantik Kaya Sejarah

Sudah belasan kali aku melewati hotel ini dan mengagumi bangunannya dari luar, namun tidak pernah berkesempatan untuk tinggal.  Pernah sekali, 4 tahun yang lalu diundang makan siang disana.  Tapi ya itu tadi, cuma sebatas makan siang.  Tidak benar-benar menikmatinya.  Akhirnya kesempatannya muncul juga.  Suami ikut seminar yang diadakan di Goodwood Park Hotel.  Mana boleh kesempatan langka ini disia-siakan.  Ternyata sejarah hotel ini tidak kalah menariknya dari bangunan fisiknya.

Sejarah hotel ini dimulai pada tahun 1900 dengan  didirikannya Teutonia Club, Klub elit untuk warga Jerman yang bermukim di Singapura.

Pada tahun 1918, tiga kakak beradik Yahudi dari keluarga Manasseh membeli properti ini dan merubah namanya menjadi Goodwood Hall.  Pada tahun 1922, Goodwood Hall didaftarkan sebagai restaurant dan tempat hiburan.  Salah satu pertunjukan yang dibanggakan pada tahun-tahun itu adalah pertunjukan salah satu balerina dunia yang tersohor yakni Anna Pavlova.  Baru pada tahun 1929 Goodwood Hall dirubah menjadi Goodwood Park Hotel.

Pada masa Perang Dunia II,  selama pendudukan Jepang di Singapura, Goodwood Park Hotel dirubah menjadi tempat tinggal bagi serdadu Jepang yang berpangkat tinggi.  Setelah perang berakhir, bangunan ini difungsikan oleh Inggris sebagai Pengadilan Kejahatan Perang sebelum dikembalikan kepada Vivian Bath, ahli waris Manasseh pada tahun 1947.

Pada tahun 1963, Goodwood Park Hotel dibeli oleh Group Bank dari Malaysia dan pada tahun 1968 berpindah tangan lagi menjadi milik Tan Sri Khoo Teck Puat,  mantan Managing Director dari bank tersebut.  Sejak dipegang oleh Mrs. Mavis Oei, anak perempuan  almarhun Tan Sri Khoo Teck Puat yang  saat ini juga merupakan chairman dari hotel tersebut Goodwood Park Hotel telah mengalami panyak sekali renovasi dan perkembangan yang pesat.

Pada bulan September tahun lalu, bangunan hotel ini merayakan ulang tahunnya yang ke 110.

Address:

22 Scotts Road
Singapore 228221.

Tel: +65 6737 7411
Fax: +65 6732 8558

Room Rate:

S$.  300,-   –  S$ 700

Dates of  Stay

June 15 – 18, 2011

Room Number:  132

Separate living room

Direct access to the Main Pool

High ceiling and fan

daily complimentary fruit and chinese tea

Advertisements

Posted on June 21, 2011, in Hotels and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: